Result of hunting season..

Melanjutkan post terdahulu, tentang “Hunting season dimulai” , yaitu musim berburu suster… sigh… masa masa sulit dimulai lagi. Udah mau lebaran, sus mau pulang cepet cepet, gak mau lanjut balik kerja.. terpaksa lah mencari kandidat baru.

Hunting putaran 1 :

Mami : (menelepon ke berbagai yayasan)

Yayasan A : “Waahh lagi kosong bu, coba 2 hari lagi ya…”

Yayasan B : “Gak ada orang bu… coba minggu depan ya..”

Yayasan C : “Ntar abis lebaran aja bu” –> Yey,butuhnya sekarang, kok abis lebaran, gimana sih ?

Yayasan D : “Tinggalin no telp aja bu, ntar ada kita telepon” –> wah.. mending nih. tapi ditunggu tunggu gak telepon juga tuh? Wewwww..

Yayasan E, F, G : nihiilll

 

Hunting putaran 2 :

Mami : (memperluas jangkauan, gak cuma pakai yayasan, tapi referensi dari mantan suster tempo dulu…)

Mantan Sus : “Saya tanyain temen saya ya.. dia mau apa ngga”

Mami : (berbunga bunga) “Oke kabarin ya…” (ada harapaaannn….)

2 hari kemudian..

Mantan sus : “Mau nih orangnya, tapi 2 minggu sebelum lebaran ya…”

Mami : “Oke, no telp berapa, saya kontak dulu ngomongin gaji, biaya infal, dll dll”

Sesi interview, dealing dengan calon sus baru…

Mami : “Jadi anak saya tuh begini bla bla.. ntar kerjaannya bla bla..kamu minta gaji berapa sus ?”

Calon sus : “Terserah non aja deh, sekarang pasarannya berapa, saya gak tau” (ini sus udah vakum 2 thn, baru mau turun lagi ke kancah persilatan, jadi kurang tau pasaran)

Mami : (udah dapat info pasaran tahun ini) “Ya udah .. kalo saya kasih gaji xxx, cuti xxx, infal xxx per hari selama 14 hari, gimana ?”

Calon sus : “Oke lah non.. saya datang 2 minggu sebelum lebaran ya”

Mami : “Oke sussss” (mantaaaabbb, hati tenang.. dapat deh calon sus gantinya, hemat uang admin yayasan)

 

1 minggu sebelum tanggal perjanjian…

Mami : (sms calon sus) “Sus.. minggu depan jadi datang khan ya ?”

Calon sus : (balas sms) “non, gak jadi tgl 15, tgl 17 ya…soalnya tgl 15 saya ada urusan dulu”

Mami : (mmmhhh tanda tanda nih) “Lho.. kenapa mundur ? tgl 16 deh”

Calon sus : (bales sms) “Oke deh non tgl 16.”

Mami : (buru buru cross check sama mantan sus yang jadi makelar) “Sus, ini jadi gak kerja ? Kok belum apa apa udah minta mundur. Kalo gak jadi bilang dulu, ntar ditunggu tunggu gak jadi kerja”

Mantan sus : “Jadi non, udah saya telepon pastiin kok, tgl 16 berangkat”

Mami : (tenang…) “Oke deh,ditunggu tgl 16 ya”

 

4 hari sebelum hari H…

Calon sus : (sms ke mami) “Non.. sorry nih,saya janji tgl 16, tapi saya baru sadar itu hari selasa. buat adat di tempat saya, harinya kurang baik buat mulai kerja. boleh gak tgl 17 ?”

Mami : (yeyyy.. mundur lagi nih. bales sms ke calon sus) ” Ya udah, tgl 17 ya.. jgn mundur lagi, ini sus lama udah maju tuh jadwal pulangnya, dari 23 ke 20″ (be te, sus lama tiap minggu dead line pulang kampungnya maju melulu…)

Calon sus : “Ya.. makasih ya, tgl 17 saya datang”

 

H-1

Mami : (sms ke calon sus) “Sus, besok jadi berangkat ya.. kira kira sampai ke sini jam berapa ? Biar janjian sama orang di rumah, jangan sampe gak dibukain pintu” (soale sus langsung dari kampung datang ke rumah)

Calon sus : (gak bales…)

Mami : (curiga.. ghawat nih.. kok gak dibales. Ah.. gak punya pulsa kali yee.. ya udah lah yakin aja !)

 

Hari H

Mami : (pesen ke mbak di rumah) “Mbak, ntar kalo sus nya dateng, bukain pintu ya…”

Udah lewat jam 12 siang.. belum ada tanda tanda…

Mami : (resah…sms mantan sus) “Sus, ini calon sus nya jadi gak ya ? Kok belum muncul. saya sms dari kemarin gak dibales tuh…”

Mantan sus : (langsung telepon) “Haduuuhh non, ghawat. Ini sus nya kabur dari rumah. udah 2 hari gak pulang, keluarganya gak tau kemana. Dia abis ada masalah sama suaminya… bla bla bla..”

Mami : (dunia serasa runtuh ! apalagi ditambah pagi pagi dapet isu kalo sus lama maju lagi jadwal pulangnya, gak tgl 20, tapi tgl 18 sore ! BAGUUUSSSSSSS) “Yah.. sudah lah sus kalo begini, belum jodoh kali ya…”

Mantan sus : (gak enak hati banget) “Aduuhh gimana ya non, saya jadi pusing, gak enak hati”

Mami : “Ya udah lah sus, mana kita tau jadi begini…” (bertekad bulat menelepon semua yayasan yang ada di list telepon)

 

15 menit selanjutnya…sibuk menelpon from yayasan to yayasan..

Yayasan A : “Gak ada orang bu…”

Yayasan B : “Ada bu, 1 orang, gaji sekian, cuti sekian, infal sekian…” –> prospek nih…

Mami : “Alamat pastinya dimana ya?”

Yayasan B ;”Jalan bla bla bla…”

Mami : “Waduuhh dimana itu ya ?”

Yayasan B : “Cipulir bu”

Mami : (alamaaakkk dimana pula cipulir itu)

Papi : (buru buru ketik alamat di goggle maps) “Ya ya ketemu nih”

Mami : “Oke deh bu, nanti kita kesana lihat sus nya ya…”

Papi : “Gak ada yang lebih deket ?”

Mami : “Ya.. coba telepon beberapa lagi deh”

Yayasan C : “Ada bu, senior, gaji xxx (mahal bener), terus harus bayar admin xxx, terus potongan bulanan system kontrak, bayar 1 thn dimuka. jadi 15% x gaji X 12, jadi ibu harus setoran awal 3 jt sekian sekian sekian…”

Mami : (mau pingsan… sus belum mulai kerja, udah harus setor segitu, termasuk potongan 1 thn nya, mana belum termasuk infalnya. haiyaaaahhh perampokan !)

Papi : “Gimana ? ada tempat lain ?”

Mami : “ada, tapi minta dibayar dimuka 3 jt sekian sekian belum termasuk infal dll dll”

Papi : (melongo ??? )”Waaaa itu sih gak masuk akal ! tempat lain ?”

Mami : “Gak mau lanjut jadi suster tetap, maunya infal doank”

papi : “Ya udah, kita samperin lah yang jauh itu”

** bermodalkan goggle maps, mencari yayasan suster yang nun jauh disana.. setelah sampai, interview bentar sama susnya.. langsung dibawa pulang.

 

Mami : (pheewwww leganya…. at least ada suster “ganjel” dulu lah…daripada gak ada sama sekali. sambil masih dongkol sama sus lama, kapan dia mau bilang kalo pulangnya mau maju lagi ? udah malem gini belum ngomong juga…)

Christy : “Sus.. kamu mau pulangnya kapan sih ?” (bertanya ke sus Karin)

Sus Karin/sus lama : “besok sore”

Mami : “Sus.. kamu janji saya khan tgl 20, kok mendadak jadi besok sih ?” (langsung be te banget, ini gak sopan, gak bilang, terus maksudnya apa ? mau mendadak besok sore bilang minta pulang gitu ? lha.. kalo gak ada sus gantinya, terus karin siapa yang jaga ? HIIIIIIIHHH ! menggeramkan !)

Sus Karin : “Iya, soalnya suami saya udah beli tiket besok bla bla bla…”

Mami : “Ya gak bisa sepihak gitu donk sus ! ” (masih manyun)

Sus Karin : (diem aja, gak berani jawab lagi)

Mami : (sebel, tapi pasrah.. udah pasti lah itu sus tetep nekad minta pulang besok. Ya sudah lah.. gak niat kerja lagi..teganya gak kesian sama Karin. Paling ngga usahain tepat janji lah sampe tgl 20. Kalo sampe tgl 20 emang gak ada gantinya, khan itu udah perjanjian dari awal, sampai dead line gak dapat ganti, ya tetep pulang, resiko ditanggung mami. Lha.. kalo deadlinenya maju melulu ? Gimana sih ????)

*** Haiiihh… tapi masih beruntung berhasil mendapatkan suster di detik detik terakhir. Tak lupa mengabari mantan sus, supaya gak perlu pusing & gak enak hati, karena sudah ada gantinya kok.

Mari mulai Berharap dan Berdoa.. semoga suster barunya cocok sama Karin, dan betah kerja disini.

 

Leave a Reply