Perjuangan si kecil lepas dari botol & dot

Karin udah 19 bulan.. menurut mami sih, udah waktunya lepas dot & botol, biar malem ngga ngempeng terus.. dan akhirnya gak banyak pipis sehingga bisa lepas pampers juga di malam hari. Soalnya dulu cici cicinya, umur 21 bulan udah sekolah aja, udah gak pake dot lagi, tapi malem sih masih pakai pampers….nanti pelan pelan baru lepas pampers juga.

tahapan pelepasan dot sudah dimulai dari sebelum lebaran….

tahap 1 : minum susu pakai gelas

* gelas dengan sedotan : gagal

* gelas biasa dengan sedotan biasa : gagal

* botol lock & lock : semi sukses, tapi bleberan karena gelasnya kelebaran untuk mulut mungilnya

* botol lock & lock + tutup botol pigeon : suksesssss…. tutup botol pigeon berfungsi sebagai gelas kecil. Hehehehe.

Soooo.. untuk urusan minum susu 3x sehari, sudah gak pakai botol & dot.

Tahap 2  : melepas botol & dot air putih pengantar tidur

Karin masih punya kebiasaan ngempeng air putih, kenyot kenyot dot dari botol menjelang tidur.. biasanya bisa habis berbotol botol dalam semalam dan tidur dengan posisi melongo.. botol mental entah kemana, posisi dot tidak ditutup. Haiiiiiiiihhh..jorok deh !

Mami : “De… mulai bulan oktober, gak pakai dot lagi ya… botol sama dotnya mami ambil ya”

Karin : (cuma ngelihatin mami, ngga ngerti)

Suster : “Kesian lah non… ntar kaget”

Mami : “Sus.. semua cici cicinya umur segini juga udah lepas dot, kalo kamu sayang anaknya, mesti ditegain, ntar dia gak pinter pinter. Jangan cuma mau cari gampang” (dasar si sus bandel.. mau enak aja, anak di empengin, sampe tidur…masih berani berani pakai cari dot lama padahal semua botol & dot udah di tarik dari peredaran di kamar Karin)

Malam ke dua proses lepas dot air putih…

Mami : (udah 2 malem menemani karin bobo. ceritanya.. ikut bertanggung jawab lah.. punya niatan mau lepas dot, pasti anaknya susah tidur, masa suruh susternya yang berjuang sendirian. Ealaaaahhh si sus malah tidur duluan dibanding anak asuhnya… tsk tsk tsk…)

Karin : “minummmm”

Mami : “Nih.. pake gelas ada sedotannya, karin mesti duduk, kalo tiduran, sedotannya gak kena air, gak keluar airnya”

Karin : (duduk… minum, terus.. rebahan mau lanjut minum… tapi airnya gak keluar…duduk lagi.. minum… rebahan.. air gak keluar.. gitu terus bolak balik…)

Mami : (senyum senyum…) “Gak bisa de.. kamu kalo mau minum mesti duduk, kalo tiduran airnya gak keluar”

Papi : (melongok ke kamar) “Lhaaa kok susnya bobo duluan ?”

Mami : “yaaa.. gitu deh…” (payah nih…)

Karin : (duduk, sambil memandangi gelasnya.. bingung kenapa ini gelasnya gak asik sih. kalo duduk ada air, dilihat ada airnya, tapi kenapa kalo tiduran sambil minum, airnya gak keluar ?????)

Papi : “Hahahahaha….lucu deh..”it’s suck” ”

Mami : “Biarin aja.. biar dia tahu, kalo mau minum, ya harus duduk”

Karin : (salah tingkah…sebentar duduk minum, sebentar rebahan mau lanjut minum tapi airnya gak keluar.. duduk lagi, nungging sana nungging sini.. akhirnya nyerah juga… gelasnya ditutup. terus dia nungguin tidur.. nempel sama mami)

5 menit kemudian…zzzzzz…

Mami : (phewwww.. akhirnya berhasil juga tidur tanpa dot. pola tidur juga diatur, gak ada tidur pagi lagi, langsung tidur siang aja jam 2 sampe sore. biar ntar kalo mulai sekolah gak ngantuk di tengah pelajaran…)

** Besok malem lagi ya, de.. mami temenin sampe lupa sama dot-nya ya…Sementara semua botol, dot baru dot lama, mami simpen dulu ya.. soalnya sustermu bandel nih.. masih cari cari kesempatan kasih dot dengan alesan “Kesian…” Halaaaahhh… kesian atau mau cari gampang ???

 

Leave a Reply