Jamu, obat asli Indonesia !

Christy udah lama pilek, pengobatan sudah diikhtiarkan kemana mana… mulai dari ke sinshe, 1 resep 5 hari, gak efek…. (pengobatan timur gagal), lanjut ke dokter langganan, 1 resep 5 hari, ada kemajuan tapi gak 100% sembuh.. (pengobatan barat gak berhasil). So… mami mulai pikir pikir, anak ini sih hepi hepi aja, makan napsu, kegiatan jalan terus, sekolah juga semangat. Biarin deh… recovery sendiri aja badannya.

Tapi.. setelah 3 minggu si pilek gak kunjung pergi, risih juga gak denger anaknya srag srug srag srug, dan kalau hatchi.. waaaawww banjir deh hidungnya. So, dipikir pikir lagi, ini khan udah selesai ulangan umum, sekolah banyak libur, pelajaran santai, sekalian tubuhnya istirahat, mari kita bantu dengan pengobatan tradisional. JAMU !!!!! hehehehe, siapa tau manjur.. biasanya kalo tubuh ketemu formula baru, khan reaksinya lebih mujarab. Maka mami membeli segepok jamu tolak angin cair, yang ada kode “untuk anak”. Gak tega juga dikasih tolak angin yang dewasa.

Malamnya di rumah.. selesai minum susu pengantar tidur.

Mami : (baru inget beli jamu buat christy) “Ci, mami lupa, mau kasih kamu jamu, sapa tau itu flu flunya sembuh gak pilek lagi. Bentar lagi kamu cobain minum jamunya ya”

Christy : “Eh, jamu ya ? Pahit ngga ?” (alaaahh. gaya. anak anak mah udah terbiasa minum obat obatan pahit, dari yang besar sampai kecil, jadi gak problem sebenernya :) )

Mami : “Mmmhhh.. waduh gak tau juga sih, mami khan belum cobain. tapi mungkin ada rasa jahenya, pedes pedes dikit, tapi ada tulisannya kok pakai madu juga”

Christy : “Oke deh”

20 menit kemudian…

Mami : “Ciciiii… ayo minum jamu”

Aurel : “Aurel juga mau cobain, aurel khan juga masih batuk pilek”

Mami : “Mmmhhh….” (kalo aurel sih gak pas sebenernya, karena dia batuk grog grog, tapi ya udah lah.. sekalian aja kita cobain, hehehehehe)

Karin : “Dede juga mau jaamuuuuu” (menghambur membuntuti mami yang keluar kamar untuk mengambil jamu)

Mami : “Heh ? Dede gak usah lah.. dede khan gak sakit”

Karin : “Dede mau jamu, dede pengen sakiiiittt”

Mami : “Yeeeee.. kok gitu, gak boleh !”

Karin : (ngotot, ikut menjumput 1 bungkus jamu cair, membawa masuk kamar)

Mami : (mulai membuka bungkus pertama, memberikan pada Aurel)

Aurel : (glek glek jamunya) “SSSSS.. HHHHHHHH, pedes pedes dikit, tapi enak !” (buru buru mengambil air putih dan minum banyak banyak)

Mami : (nyengir aja lihat si Aurel)

Karin : (menyodorkan sebungkus jamu ke mami) “Dede mauuuuu”

Mami : (Sigh…) “Ya udah, cobain dikit aja ya, de”

Karin : (mengangguk angguk, dengan setia menunggu jatah)

Mami : “Nih.. separoh bungkus aja”

Karin : (mulai glek glek jamunya) “SSSSS..HHHAAAAHHHH, Dede mau minum”

Mami : “Hahahahahaha, enak ngga de ?”

Karin : (minum air putih, sampai nambah 2x) “Enak, Dede mau lagiiiii”

Mami : “Eeeeeiiii, gak udah cukup. Ayo ci, kamu minum nih. Keburu abis sama dede dede mu”

Christy : (pasrah, dicekokin 1,5 bungkus sama mami. karena 1/2 bungkus khan sisanya Karin tadi)

Mami : “Gimana ? enak ngga ?”

Christy : “Enak juga sih, manis manis ada pedes pedesnya juga”

Setelah selesai ganti piyama….

Sus : “De, gimana ? Tadi minum apa ?”

Karin : “Minum Ja-mu.”

Sus : “Enak ?”

Karin : “Enak…. dede mau lagi”

Sus : “Hahahahaha.. enak ya ? Kamu minum jamu apa sih ?”

Karin : “Tolak Amiiiiinnn !” (dengan semangat menjawab kenceng kenceng)

Mami , Christy, Aurel, Sus : “Hwaahahahahahahaha… kok tolak amin ? tolak angin, de !”

Karin : (nyengir aja) “Dede mau lagi ya….”

Mami : “Ya besok deh. Wadduuuhh mami mesti beli lagi donk, jatahnya cici abis deh di minum dede, besok kamu minum sehari 3x ya, ci”

Christy : “Oke, mam”

** Ok.. let’s see, apakah Jamu cukup mujarab mengalahkan obat timur dan barat ? Hehehehehe.. nanti dilaporkan lagi kemajuannya.

Leave a Reply