Les mandarin

Christy udah lama les Mandarin, mulai TK B dan sekarang dia udah masuk kelas 2 SD. Nah.. awalnya memang les di rumah, sama guru playgroupnya yang memang sekolah bahasa Mandarin. Tapi karena akhirnya gurunya gak bisa lanjut (harus mengajar di sekolahan full day), akhirnya pindah ke guru lain. Terakhir Christy masuk ke kelas group dekat rumah, referensi dari Akong, karena tempat kursusnya dibawah bimbingan dari guru guru lulusan Beijing dan disupport oleh perhimpunan Hwa Cung.

Kalau dilihat dari standar pelajaran sih cukup berat, mami sih udah pasrah gak bisa ngajarin, tapi kayaknya sih Christy bisa tuh.. dan ternyata buku pelajaran di tempat les, sama dengan yang dipakai di kelas 2 SD ini, jadi lumayan lah… hitung hitung Christy udah belajar duluan khan, di sekolah tinggal review aja 🙂

Sekarang Aurel yang napsu pengen les mandarin. Menurut Akongnya, kelihatannya sih Aurel lebih berbakat, kalo diajarin ngomong ngomong bisa lah ikut ikutan, diajarin menulis juga bisa, walau masih salah arah guratannya, tapi so far kelihatannya lebih minat daripada cicinya 🙂

Mami agak ragu ragu mau mendaftarkan atau tidak, soalnya khan Aurel kadang mood mood-an, dan kalo dipaksa belajar dengan kurikulum berat, kesian juga, khan belum segitu gitu banget lah kebutuhannya…

Akhirnya mami mampir juga ke tempat les, menanyakan ada ngga kelas yang cocok buat Aurel. Menurut petugas disana, ada sih.. tapi harinya gak bisa bareng sama Christy. Kalo Christy senin – jumat, Aurel kelasnya rabu – jumat. Yaaaahhh.. rabu khan ada les renang. Udah nego, boleh ngga bareng aja sama cicinya, tapi buku pelajarannya beda, ternyata tetep ngga boleh. Wewww.. padahal menurut Christy, di kelas dia itu, buku pelajarannya pada beda beda, jadi tetep aja, walaupun group , ternyata bukan belajar sama sama seperti di sekolahan, tapi private besama . hehehehe…. Well.. mungkin karena levelnya semua udah SD, buat Aurel kurang cocok.

So.. mami pun diskusi sama akong..

Mami : “Kong, Aurel nih sebenernya pengen les mandarin, tadi udah tanya, tapi adanya Rabu – Jumat, khan dia ada renang di hari Rabu, kalo suruh les 2 begitu, pasti teler… tapi kalo renangnya di pindah, ntar gak bareng sama cicinya, repot wara wiri anternya. Bisa tanyain ga.. boleh gak sekelas sama cicinya, atau lesnya seminggu sekali dulu, hari jumat. Khan belum perlu perlu banget sih.. cuma kok kebetulan bukunya sama nih dengan sekolahan, kalo udah on the track, nanti dia khan gampang ikutin pelajaran di sekolah”

Akong : “Owww.. ya boleh aja, ntar saya tanyain deh” (akong khan kenal banget sama pengurus di tempat les, temen temen nya akong tuh. hehehehehehe)

Minggu berikutnya, Akong membawa update soal les Mandarin..

Akong : “Jadi begini, saya udah tanyain, mau ditanyain dulu ke gurunya christy, dia mau gak terima Aurel di kelas yang sama, kalo mau, ya bisa bareng kelasnya, atau ntar kelasnya beda, tapi hari dan jam lesnya sama. ”

Mami : “Oww.. ya oke deh”

Akong : “Kalo lancar, ya awal bulan Agustus, bisa langsung mulai. Saya udah jelasin, kita gak harap tinggi tinggi, pokoknya ikut ikut les dulu deh, biar kenal, jadi nanti kalo pas SD dia gak kesulitan.”

Mami : “Ya yaaaa…”

2 hari kemudian, Akong bawa update terbaru lagi

Akong : “Katanya sih gak bisa sekelas cicinya, paling hari sama, jam sama, guru beda. Gimana ya ? Aurel mau ngga pisah kelas sama cicinya ?”

Mami : “Ya , nanti saya tanyain deh. Mestinya sih gak masalah, sekarang les Inggris khan juga gitu, jam dan hari sama tapi pisah kelas”

Akong : “Ya, kamu tanyain deh ya… nanti kalo oke saya bilangin lagi ke tempat les”

Malamnya, mami tanya ke Aurel

Mami : “Rel, akong bilang, kelas mandarin ada, tapi gak bisa bareng cici. Aurel kelasnya pisah, tapi jam nya sama. Gimana ? Mau ngga ? Gak papa kali, Rel.. khan kayak les Inggris juga gitu”

Aurel : “Iya deh, Aurel mau, ngga sekelas cici juga gak kenapa napa”

Mami : “Oke”

So confirm lah Aurel mulai les di hari JUmat, dengan jam sama dengan Christy tapi beda kelas.

Selesai les pertama….

Aurel : (pulang dengan hepi) “Akoooongggg.. Aurel berhasil nih !”

Mami : (bingung, berhasil apa ?)

Akong : “Berhasil ya ? Gitu donk.. gimana lausenya baik ngga ?”

Aurel : “Baik, aurel di tanya tanyain, diajak ngobrol”

Mami : “Sekelas berapa orang ?”

Aurel : (mengeluarkan jari telunjuknya)

Mami : “Satu ??? Kamu sendirian ?”

Aurel : (menganggukkan kepala)

Mami : “Kong, itu gak rugi sekolahannya, kalo cuma 1 muridnya ?”

Akong : “Ngga.. katanya nanti ada lagi kok temennya”

Mami : “Oww….” (agak was was, kalo sendirian mana seru ???)

Aurel : “Aurel juga sempet bilang sih ke lause, kok rasanya agak sepi ya.. terus lause bilang, nanti hari senin ada temennya lagi, ber 3”

Mami : “Oooo ya ya.. tadi disuruh apa aja ?”

Aurel : (mulai bercerita dengan seru. bla bla bla.. kelihatan banget dia hepi)

Mami : “Kamu gak bilang kalo cici mu les dibawah, sama Lause Kwok ?”

Aurel : (mengibaskan tangannya) “Lausenya udah tau mamiiiiii….”

Mami : “Hahahahahaha.. udah tau ya” (biasa deh, Aurel terkenal, karena adiknya Christy, dimana mana juga gitu. Kesian sih dibawah bayang bayang cicinya, apalagi cicinya biasanya pinter banget di tempat les, jadi suka dibanding bandingin gitu.. Makanya Aurel juga suka sedih kalo prestasinya gak sebagus cicinya. Sigh…)

Les mandarin ke dua, hari Senin..

Mami : “Hallooooo, gimana les nya hari ini, Rel ? Udah ada temennya ?”

Aurel : “Iya, banyak temennya hari ini”

Mami : “Bagus donk !”

Christy : “Ya jelas aja banyak temennya, khan kamu tadi ikut di kelas cici”

Mami : “Lho ??? kok jadi di kelas cici ? Gabung sama lausenya cici ?” (waduuuh pasti gara gara ini kelasnya cuma 1 orang, di -dismiss, gabung sama kelas Christy, ghawat)

Christy : “Bukan begitu mami, jadi Aurel lesnya di kelas cici, tapi gurunya beda. Cici sama Lause Kwok, Aurel tetep sama Lause Lie. Soalnya kelasnya gak ada lagi, penuh. Jadi Aurel ikut kelas cici”

Mami : “Oooooo.. terus, yang sama Lause Lie berapa orang ? Aurel doank ?”

Aurel : “IYa, cuma aurel doank” (senyum lebar, tetep hepi)

Mami : (lhaaa.. itu temennya yang katanya ada 3 orang kemana ? gak jadi les gitu. waaaaa….) “Ya udah.. pokoknya les dulu ya, jangan males malesan lho”

Aurel : “Iya mami”

Mami : (mengintip ke buku latihan mandarin Aurel, wuiiihh banyak juga pelajarannya, walaupun belum pakai text book, lumayan lah.. untuk beginner. hehehehehe)

* Semangat terus ya, Rel. Biar cuma sendirian, khan ada temen temennya cici Christy. * adoooohh kacau banget sih ini, ada temen, tapi kok temen cicinya dan itupun gara gara kelasnya digabung. Bener bener deh.. saking ini temennya akong, dibela belain sediain guru private supaya cucu akong bisa les disitu. Hahahahaha.. Kalo gini khan.. gak rugi lah jadi cucu akong, jadi dapat previlage banget. Hihihihihi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *