Ulangan berteman

 Mami dan papi sedikit cemas soal Christy. Bukan soal nilai sih, tapi lebih kearah kok kayaknya anaknya kuper dan gak punya teman.

Soooo.. kita terus menerus mendorong dia untuk ngobrol dengan teman sekolah, teman les, gak perlu malu, at least jadi pendengar dulu deh, kumpul kumpul. Sampai sampai papi bilang, kalau Christy harus dikasih Ulangan berteman. Nah looooo…

Saat rapor mid semester dibagikan, papi pun langsung bilang ke Ibu guru, minta dibantu untuk memantau pergaulan Christy, karena khawatir anaknya tak punya teman. Ibu guru juga sudah setuju, untuk “mengusir” Christy keluar kelas sebelum bel tanda masuk berbunyi. Maksudnya supaya anaknya cari temen gitu, bukan cuma baca buku doank di dalam kelas :)

Hari ke hari, mami sering menanyakan ke Christy tentang kegiatanya di sekolah hari itu, termasuk teman temannya.

Suatu sore, Christy dengan bangga bercerita kalo hari ini dia sudah ikutan ngumpul ngumpul dengan teman temannya waktu jam istirahat.

Christy : “Tadi Christy jam istirahat ngobrol sama temen temen lho ma…”

Mami : “Oh ya ? sama siapa aja” (girang, ikutan bersemangat nih)

Christy : “Sama Audrey, Eveline.. bla bla bla”

Mami : (mmhhh.. temen temen ex klas 1 dulu, karena pas kelas 2, christy dipindah kelas, jadi temennya belum banyak) “Terus, ngobrolin apa ?”

Christy : “Makanan”

Mami : “Makanan ?”

Christy : “Iya, si Audrey bawa pisang goreng, terus temen temen pada komentar, wwwwaaaaawww enak banget”

Mami : “Hehehehhe, terus kalian dibagi ngga ?”

Christy : “Ngga sih….”

Mami : “Heh ? Terus cerita apa lagi ?”

Christy : “Iya, terus pada cerita, kalo gorengan yang di depan sekolah itu enak banget, garing banget”

Mami : “mmmhh..” (wadoh, kok jadi cerita gorengan pinggir jalan. Mami khan anti banget tuh beli gorengan begituan buat anak anak)

Christy : “Terus ceritanya jadi kemana mana, si evelyn bilang kalo gorengan itu mesti ati ati, ntar ada plastiknya, minuman botol juga ada racunnya”

Mami : “Lhaa. kok jadi gitu ?” (ghawat nih, informasi ngawur semua)

Christy : “Iya sih.. jadinya kita jadi pada bilang “iiiiii serem banget ya” ”

Mami : “Kamu ngomong apa donk ?”

Christy : (senyum malu) “Christy gak cerita apa apa. Cuma bilang ‘terus?’ ”

Mami : “hehehehehe, belum ada topik ya ? Ga papa, yang penting ikutan dulu, nanti juga bisa ngobrol, Okey ?”

Christy : “Iya… eh, aku juga dapet kertas ini nih” (menunjukkan selembar kertas loose leaf biru bergambar lucu) “temen temen pada tukeran di sekolah”

Mami : “Lha kamu gimana ?”

Christy : “Aku gak punya, jadi gak bisa ikut tukeran, tapi ini Christy dikasih kok”

Mami : (prihatin deh jadinya) “Kamu mau ikutan tukeran juga ?”

Christy : (mikir mikir) “Mmmhhh. gak usah deh mam”

Mami : “Mmmhhh” (yaaaahhh.. padahal mami udah mau jadi sponsor nih, modalin, biar anaknya bisa ikutan gitu lho.. dalam rangka mencari teman khan ?)

Besoknya, pas mampir di toko buku dekat rumah…

Christy : “Mami, ini kertas yang kayak punya temen temenku”

Mami : “Kamu mau ?”

Christy : (malu malu, akhirnya mengangguk)

Mami : “Ya udah, pilih beberapa gambar gih, biar besok bisa ikutan tukeran”

Christy : (semangat memilih gambar kertasnya)

Pulang ke rumah, Christy hepi banget, dengan binder book dan kertas bergambarnya.. sibuk susun susun, dibantu Aurel dan Karin, plus belajar buka tutup bindernya.

Papi : “Eh, apaan tuh, ci ?”

Christy : “Ini papi, kertas bergambar, temen temen juga pada punya”

Mami : (buru buru menjelaskan) “Itu lho.. temen temennya pada tukeran, Christy belum bisa ikutan karena belum punya. Tapi kemarin dikasih satu sih sama temennya”

Papi : “Owww….” (langsung ngerti) “Oke lah.. kalo ginian sih masih boleh, besok kamu tukeran lah sama temen temenmu ya”

Christy : “Iya papi”

Mami : “Chris.. kalo temenmu belum mau diajak tukeran, jangan dipaksa ya.. kamu juga jangan sedih, yang penting ikutan dulu, okey ?”

Christy : (udah semangat banget) “Oke mami”

** SIgh.. mami masih khawatir.. kalo nanti temennya gak mau diajak tukeran gimana ? Khan kadang kadang bisa jadi gambar kertasnya sama, jadi mereka udah gak mau lagi diajak tukeran. Mudah mudahan lancar ya, nak…. supaya bisa lolos dari ulangan berteman. Wish u luck, girl !

Leave a Reply