Inspirasi untuk speaking test bisa datang dimana saja 

image

Mami pulang agak malam, ternyata 3 anak sudah tidur, walaupun baru jam 8 lewat 10 menit. Good girls… pas di cek agendanya, untuk Christy Cuma kurang disiapkan lem cair untuk prakarya (memang tidak disediakan di ruang belajar, karena pemakaian yang tidak masuk akal kalau di bebaskan hehehehehe) dan Aurel ada speaking test Inggris, membuat 6 kalimat mengenai favorite food. Hadeh.. kenapa informasinya last minute gini sih.. dan anaknya juga gak nelpon untuk ngabarin.

Mami : (optimis.. berharap Aurel sudah buat persiapan donk. Lalu berusaha colek colek dikit anaknya yangs udah lelap tidur) “Rel, aurel… kamu besok untuk test speakingnya udah siap belum ?”

Aurel : (tetep merem, Cuma goyang dikit, lalu mengangguk angguk)

Mami : (lega… lumayan lah, tinggal besok pagi di re check donk. Walaupun sebenernya gak yakin sih.. so malem malem mami pun mengarang 6 kalimat sederhana, just in case kalo persiapannya belum oke)

Papi : “Biarin aja lah, kalau dia udah siapin, jelek jelek atau salah salah, gak usah diubah.”

Mami : “Oke deh…” (masih cemas dan menyesal gak keburu pulang pagian untuk siapin dulu)

Besok paginya…

Mami : (baru selesai masak, naik ke atas, agak heran, kok krucil belum ada yang turun sarapan… sesampainya di atas krucil no 1 dan 3 sudah siap, si Aurel malah masih kucel, pakai piyama dan cemberut… walaaaahhh…) “Hello Rel, kok belum mandi ? Eh, hari ini kamu ada speaking test, udah siap belum ?”

Aurel : (mukanya langsung sedih.. tiba tiba bercucuran air mata.. mewek) “Lagi diusahain sih, mam…”

Mami : (mampus laaahhh.. mau show hari ini, kok pagi pagi masih diusahain ???) “Ya udah, ini cici sama dede turun dulu makan, Aurel mandi sama mami ya…” (jadi ada banyak waktu untuk mulai mencari ide speaking testnya)

Aurel : (mulai ritual paginya.. sikat gigi, mandi….)

Mami : “Mami sih kemarin udah ngarang ngarang dikit, coba kamu dengerin dulu ya… nanti kita belajar sama sama “ (mami mulai membacakan 6 kalimat fave food, menjelaskan artinya dalam bahasa Indonesia) “Gimana Rel , kalau speakingnya begitu, oke gak ?”

Aurel : (mengacukangkan 2 jempol)

Mami : “oke.. kalo gitu, kamu ikutin dulu se kalimat se kalimat ya…”

Maka… 5 menit kedepan, acara mandi pagi pun dibarengi dengan menghafalkan 6 kalimat untuk speaking test hari ini.. Setelah mengulang 3x, Aurel udah lumayan hafal..

Mami : “Kamu inget inget dulu ya… nanti sesudah kuncir rambut, kita ulang lagi, supaya lebih hafal”

Aurel : (angguk angguk.. mulai semangat, karena sudah bermodal untuk testnya)

Selesai kuncir rambut, Aurel mengulang hafalannya dan so far oke, walaupun urutan kalimatnya masih terbalik balik..

Mami : “Ngga apa apa kalo terbalik balik urutan kalimatnya, selama total kalimatnya gak kurang dari 6 ya.”

Aurel : “Oke, mam”

Mami : “Rel, semalam mami udah tulisin di kertas, ini di tempel di agenda ya, jadi nanti Aurel bisa baca baca lagi sebelum giliran maju, supaya gak lupa ya.”

Papi : “Pagi, Rel.. gimana Inggrisnya, udah siap ? Papi boleh denger ?”

Aurel : (be te) “Aurel lagi sarapan, papi”

Mami : “Udah kok, tadi sambil mandi dapat idenya”

Papi : ????? “Okey….”

Aurel : (cengar cengir dan tak lama berangkat sekolah)

Papi : “Kok idenya bisa sambil mandi ?”

Mami : “Lah.. boro boro ngikutin saranmu untuk gak koreksi atau ubah ubah hasil karangannya, wong dia masih blank, belum siap apa apa.. katanya abis doa malem, terus dia ketiduran”

Papi : “Halaaahh…”

** Ya gitu deh… kalau Aurel sih bisa tidur nyenyak walaupun belum siap. Kalo Christy ?? Bisa ribut nelpon nelpon suruh papi maminya cepet pulang untuk bantuin belajar. Hahahaha.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *