Liburan tim hore ke Singapore ~ Part 2

Nah.. Kita lanjut ya jalan jalannya..

Day 3 – Singapore science centre & Snow city
Perjalanan di mulai dengan MRT ke Jurong east dan disambung dengan bus 66 atau 335 yang berhenti di halte depan Singapore science centre.
image

Sebenarnya dari MRT station kita bisa saja jalan kaki ke Singapore Science, tidak terlalu jauh dan melewat taman bermain yang gratis (kita baru tahu setelah pulang dengan berjalan kaki dari Science centre ke MRT jurong east) tapi karena bawa tim hore, gak rugi juga lah naik bus, karena berhentinya bener bener di depan tempat yang dituju. 
image

2 tempat wisata ini, termasuk dalam list wajib kalau mengajak anak anak. Why? Karena di Singapore science centre banyak sekali pengalaman unik dan informasi yang bisa didapatkan. Mulai dari tubuh manusia, asal muasal dan juga simulasi gempa, berbagai sumber bunyi, bagaimana terjadinya hujan – termasuk simulasi membuat awan dan keluar deh nanti awan jenis apa yang berhasil dibuat. :) ~ belajar mengenai science lah ceritanya, tapi dengan alat unik baik manual maupun digital.
image

image

Kalau ingin bermain basah basahan, jangan lupa bawa baju renang ya, karena ada taman air yang seru sekali. Tapi kita sih lebih prefer untuk main di snow city, yang tidak ada di Jakarta. Kalau cuma sekedar basah basahan, banyak tempat wisata serupa di Jakarta, gak perlu jauh jauh sampai ke singapore khan? Seandainya memang waktunya panjang, boleh lah sekalian main air, khan sudah include dalam tiketnya.
image

Untuk menghindari antrian makan siang yang panjang, jadi kita sengaja makan siang lebih awal, yaitu sekitar jam 11.30 dan memang timingnya pas banget, tanpa antrian dan ketika makanan kita sudah keluar, antrian di kasir mendadak panjang sekali hehehehehehe.
image

Selesai makan siang, kita segera pindah ke Snow City yang terletak di kompleks yang sama, jadi hanya perlu jalan kaki saja melewati indoor playgorund anak anak (mirip kayak Miniapolis di Jakarta, dan sudah pasti bayar… Lebih cocok untuk anak below 5 thn sih…).

Ternyata di snow city masih sepi, karena lunch time, jadi setelah memilih jaket sesuai ukuran & memakai boots yang sudah include dalam harga tiket masuk, segera deh kita menikmati bangunan es dan juga salju buatan. Tempatnya sih sebenarnya kecil, tapi sensasi musim dingin bisa didapat tanpa perlu jauh jauh ke negeri 4 musim. lumayan… Soalnya si kecil udah nagih, lain kali kalo ke Eropa, dia minta diajak. Waduuuhhh, hitung hitung dulu deh yaaa… :)
image

Karena tidak boleh membawa kamera dan HP, jadi foto foto narsis bergantung dari tukang foto professional yang ada di dalam area, dan sudah pasti, siap siap juga untuk membayar hasil fotonya nanti. Mereka sediakan berbagai paket hasil foto, dari ukuran 2R sampai 6R. Hanya saja soft file baru bis di download kalau kita mengambil minimsl 5 foto ukuran 6R. Hihihihi bisnis yang menjanjikan.. Sudah pasti pada beli fotonya khan, karena tidak diijinkan menbawa kamera maupun hp ke dalam arena snow city.
image

Fave anak anak adalah meluncur dengan ban. Si kecil pun bolak balik naik untuk bisa meluncur. Hawa dingin akhirnya memaksa kita sewa sarung tangan untuk krucil, karena memang tidak termasuk dalam paket, jadi harus bayar lagi. Demi bisa main lebih lama, segeralah kita tambah sewa sarung tangan itu.
oh ya, jangan lupa pakai celana jeans dan kaos kaki ya, suoaya tidak cepat tembus dingin karena basah.. Celana panjang mirip jas hujan juga tersedia sih, tapi tentu saja harus bayar sewa lagi…jadi kita prefer pakai jeans saja, dan bawa baju ganti untuk sesudahnya, karena sudah pasti celana, kaos kaki akan basah setelah kita keluar dari arena.
image

Setelah seru bolak balik meluncur, akhirnya mulai deh kejadian si bontot kejedug es (saking terlalu rebahan waktu duduk di ban saat meluncur), lalu mami berjedugan dengan aurel dengan kencangnya (anaknya nangis dan benjol, maminya keliyengan…untung gak ada yang luka). Secara keseluruhan semuanya hepi lah… Refreshing juga bisa meluncur seperti naik jet coaster, udara dingin, dan lega bisa teriak teriakan.
Oh ya.. Kemarin kita juga dapat sesi show khusus yang menceritakan nitrogen cair. Seru… Mirip sulap !
Selesai dari sana sudah cukup sore, dan menghindari si kecil ketiduran di jalan, kita memutuskan untuk balik lebih awal dengan berjalan kaki ke MRT station Jurong east.
image

Ternyata sempat mampir di playground dan akhirnya masuk dulu ke mall untuk ngadem, sekaligus belanja di Smiggle (mami baru tahu, kalau kotak pinsil smiggle lagi nge trend di sekolahan. Hahahahaha).
image

Karena sudah tanggung jamnya, jadi kita sekalian saja early dinner dan beli teh kembang pesanan soikou Vivi yang kebetulan kelihatan di salah satu toko obat cina. Wiiiiihh teh kembang aja belinya di toko obat??? Untung kita pas lewat, pantesan di supermarket kok gak ada…
image

Day 4 – Garden by the bay – birthday party – merlion/ esplanade

Setelah seru seru main di hari sebelumnya, maka hari ini tim hore mau lihat bunga di garden of the bay. Jadi kita berangkat dengan MRT ke bayfront, exit B, dan jalan lumayan panjang untuk sampai ke garden via dragonfly bridge. Tapi pemandangannya sepadanlah untuk acara narsis kita. Ha ha
image

Taman outdoor bisa dikunjungi gratis, tapi karena kita datang sudah jam 10, luar biasa panasnya. Kalau memang mau berjalan jalan di taman luar, lebih baik datang pagi pagi sekali atau sore sekalian, toh gardennya buka sampai malam kok.
Supaya krucil tidak resah dan komplen karena kepanasan, maka segera digiring masuk ke 2 conservatory/dome. Nah.. Kalo disini, sudah pasti bayar deh. Sebenernya kita bisa dapat discount 10% dengan menunjukkan boarding pass pesawat, tapi mami lupa untuk nunjukin boarding pass waktu beli tiket, padahal sudah dibawa bawa lho boarding pass nya!! ~ gagal deh dapat discount…hiks
image

Dome pertama adalah flower dome, dan kebetulan sedang ada tema humpty dumpty dan nursery rhyme. Jadi sepanjang jalan jalan di dome yang cukup luas dan ber AC, kita ditemani dengan lagu lagu nursery dan tema kebun yang lucu lucu. Langsung deeh acara  foto narsis dengan tripod dimulai.
image

Untuk yang hobby fotografi, bagus banget nih untuk foto dengan berbagai bunga. Apalagi tempatnya cukup dingin, jadi betah lama lama disana. 
image

Oh ya.. Tiket masuk nya berlaku untuk multiple entries dalam hari yang sama, jadi jangan lupa minta cap returned stampnya (akan dicap di tangan), supaya bisa bolak balik antar dome dan bila mau bisa bolak balik pagi siang sore malam.
image

Setelah puas berfoto foto di flower dome, maka tim hore pindah ke cloud forest dome. Kita langsung disambut dengan air terjun. Dingin juga sih.. Tapi seru, hot spot untuk foto foto!
image

Selanjutnya kita bisa lihat macam macam pohon hijau, kolam, suasana sejuk dan bisa naik sampai ke lantai 7 untuk berjalan turun dengan menyusuri jalan mengelilingi dome. 
image

Karena kita dapat undangan pesta ultah dari Scarlett, maka selesai dari Garden, langsung naik taxi (untung masih boleh 2 dewasa dan 3 anak) ke hotel Carlton di daerah Brash Basah.
image

Pestanya meriah, kita disediakan lunch buffet dan juga acara anak anak berupa face and body painting plus cupcake making. lumayan… 3 Anak berhasil membuat  12 cupcake mini untuk cemilan sore hari. Hihihihihihi😋
image

Sorenya kita memutuskan untuk berjalan kaki ke area Esplanade dan Merlion, tak lupa dengan membawa sekian banyak balon yang diikat di back pack Christy dan Papi. Adooohh sebenernya mami malu sih, karena kita dilihatin orang orang di jalan, seperti tukang jualan balon saja.
image

Setelah berjalan kaki cukup jauh melewati hotel Raffles, akhirnya sampailah tim hore di area Esplanade.
image

Kita masuk kedalam dan berfoto di pameran seni yang sedang digelar. 
image

Selanjutnya tim hore berjalan ke Merlion park. Sayangnya patung singanya lagi di renovasi. Gagal deh foto foto dengan Merlion. Hiks~😭
image

Untungnya kita khan masih membawa banyak balon, so.. Papi pun punya ide untuk foto foto dengan back ground Marina bay sands, plus acara pelepasan balon.
image

Dengan modal tripod dan bluetooth remote, maka walaupun kita ditontonin orang orang yang heran dengan tingkah laku tim hore, kita tetep PD aja narsis dan lepas balon disana dengan serunya. Something unique and memorable khan. Hayooo ngaku, siapa yang pernah lepas balon di singapore ? Hahahaha
image

Finally, acara sore itu ditutup dengan jalan jalan ke Orchard road sambil cari dinner.
image

Well.. Gak belanja apa apa sih, karena anak anak cuma cicipin popcorn Garrets yang enak itu, plus komentar “mam, setelah makan popcorn ini, kok rasanya yang biasa kita makan di bisokop itu jadinya gak enak ya” ~ hahahahahaha…. Yah… ada harga ada kualitas lah :).
image

Tak lupa mampir beli dendeng Bee Cheng Hiang titipan akong. (Ternyata 600 gr dendeng habis dalam waktu 1 hari saja, dicemilin sama 3 anak di rumah. Menyesal tidak beli lebih banyak.. Maminya belum puas makan dendeng nih)

Day 5 – last day, going home
Finally.. Itinerary yang dituju sudah checked semua, sesuai janji mami, anak anak boleh berenang di hotel, sekaligus santai santai sebelum pulang ke Jakarta.
So.. Setelah makan pagi, anak anak langsung nyemplung ke kolam yang super dingin airnya di pagi hari. Bbrrr.. Dan merekapun unjuk gigi berbagai gaya renang sesuai dengan yang diajarkan kakak pembina di kelas renang. Kecuali si bontot, hanya gaya dada nya yang lumayan, sisanya gak jelas antara gaya bebas tapi kakinya kayak duyung . Hahahahha. Malah belakangan minta kuda kudaan sama mami. Hadeh… Gimana bisa pinter renang, kalo bawaannya mau main melulu. Tsk !
image

Setelah papi selesai meeting, kita final check lagi semua koper dan tas, lalu jalan ke bandara untuk menukarkan MRT card tourist pass, mengambil deposit, check in, tax refund dan last stop shopping for kids (beli coklat).

Flight ke Jakarta cukup lancar, si bontot sudah tidur sebelum pesawat take off dan sempat komplen waktu dibangunkan dengan alasan “mami, aku tuh baru mau tidur, kok dibangunin sih?” Sambil terdengar pengumuman dari pilot “welcome to Jakarta…” ~ ealaaahh udah tidur sepanjang jalan, masih bilang baru mau tidur? Sambil tertunduk malu, akhirnya si dede beringsut juga dari kursi pesawat dan ikutan turun.
image

Perjalanan tidak sempurna tanpa ditutup dengan makan makan, sooo kalau berangkat kita mulai dengan makan bakmi Gm, maka pulangnya juga kita tutup dengan makan bakmi Gm (bukan iklan lho yaaa.. )
Maka berakhirlah sudah liburan tim hore ke Singapore. Capek sih… Sepatu si dede sampai jebol (untung gak perlu dikaretin heheheheh) tapi puasss dan senang.
image

Semoga ada kesempatan lain untuk jalan jalan ke tempat yang lebih menarik dan menyenangkan
image

. :)*thanks papi.. Udah sabar sabar nemenin tim hore, termasuk jadi kuli panggul waktu dede ketiduran di MRT dan juga tarik tarik koper karena gak dapat bagasi di pesawat :)
image

Nanti kita jalan jalan lagi ya…(senyum manis sambil nyodorin proposal jalan jalan berikutnya. Hihihihi)

Leave a Reply