Liburan tim hore ke Singapore (5d4n) ~ Part 1

image

Perjalanan ke Singapore kali ini, tujuannya untuk mengajak si bontot yang waktu itu “belum terbawa” waktu trip ke Singapore sebelumnya. Jadi tentu saja tempat kunjungan wisatanya disesuaikan dengan selera anak 5 thn.

Untuk menghemat biaya, karena rombongannya ber 5, jadilah kita pakai budget airline dan booking jauh jauh hari sebelumnya. Tapi saat sudah dekat keberangkatan dan cek cek harga tiket, ternyata full board airline malah turun harganya, dari yang awalnya 2-3x lipat lebih mahal, ternyata hanya beda 30% saja. (Tau gitu khan naik full board airline ajah! )
image

Karena flightnya sudah budget airline, untuk hotel diusahakan cari yang oke lah, dan ambil 2 kamar, karena anak anak walaupun secara umur baru 9-7-5, tetapi secara size mereka jauuuuuhhh lebih besar dari standardnya, jadi gak mungkin lah kruntelan ber 5 di satu kamar. Hehehehehehe… pilihan jatuh ke hotel V di Lavender dengan pertimbangan sebelah MRT station dan banyak tempat makan di sekitarnya. Cocok lah buat anak anak gembul yang sebentar bentar lapar :)

Sayang sekali, kali ini service dari hotel tidak memuaskan. Mulai dari kamar yang tidak bisa bersebelahan, sampai akhirnya harus bolak balik komplen dulu untuk mendapatkan kamar bersebelahan dengan kondisi ok (alias tidak bau rokok) di malam ke 3. Tentu saja arrangement tidur jadi berantakan, untungnya semua bag sudah diatur terpisah, sehingga walaupun kamar tidak jadi satu, masing masing nggak repot bolak balik ambil barang ataupun pakaian.

Okey… Untuk perjalanannya sendiri sebagai berikut :

Day 1: Jakarta – spore (flight sore)

Karena berangkat dengan flight sore, sebelum take off ,tim hore sudah early dinner dulu, supaya gak ribut nanti di perjalanan, apalagi kalo sampai ada delay dsb. Untungnya semua lancar, dan sampai di Changi kita tukar uang dulu dan hunting MRT card. Sempat agak bingung, apakah mau top up kartu EZ link atau ambil tourist pass (your singapore). Karena terlalu malam, tiket office MRT di Changi sudah tutup, jadi harus mengurus besoknya di City Hall (tiket office yang buka paling pagi, yaitu jam 9). Maka malam itu 3 krucil dibelikan standard tiket 1 way sampai lavender dulu.
image

Day 2 : Singapore zoo – river safari

Hari kedua tidak bisa langsung pagi pagi ke tempat wisata karena harus mengurus kartu MRT dulu. So.. Papi jalan dulu ke City Hall untuk beli tourist pass 3 hari sekuatnya naik MRT dan bus (harga SGD 20 + deposit SGD 10 yang bisa di refund saat kita kembalikan tiket nya, max 5 hari setelah tiket expire), sedangkan si kecil yang belum 7 thn, bisa menggunakan student card yang free kemana mana (hanya perlu passport untuk pengurusannya, tanpa deposit).

Setelah semua tiket MRT siap dan botol minum terisi penuh… Berangkatlah tim hore ke Singapore zoo dengan MRT ke Ang Mo Kio dan dilanjut dengan bus 138.
image

Sesampainya di zoo, antrian tiket cukup panjang, jadi anak anak ngadem dulu sambil nyemil mango pudding, sementara mami antri tiket. Kita beli tiket yang combo Singapore zoo dan River safari, tak lupa minta yang include train di dalam zoo dan river safari boat (naik boat keliling danau, untuk lihat hewan di hutan).
image

Harusnya kita minta juga yang include amazon river quest (naik boat kecil di jalur yang sudah disediakan untuk melihat hewan dalam river safari), tapi karena kita tidak tahu bedanya safari boat dan amazon river quest, jadi terpaksa beli tiket tambahan untuk quest di dalam zoo (pastinya jadi lebih mahal daripada beli paket sejak awal).
image

Singapore zoo di siang hari cukup panas, kalau mau bener bener explore, mestinya berangkat dari pagi, dan siap siap jalan kaki keliling. Tim hore gak bakal kuat kalo suruh jalan kaki, maka kita beli tiket train sejak awal, sambil duduk, tinggal keliling zoo.

image

Hewannya sih gak banyak ya… Karena kita cuma keliling di main road saja. 

Restaurant pas jam makan siang super ramai, dengan harga makanan cukup mahal, sekitar SGD 7-8 per porsi, tapi karena sudah lapar, semua juga terasa enak saja. Hahahahahahaha.

Selesai di zoo, kita lanjut ke river safari. Basically kita harus jalan di dalam, tapi karena semi indoor, jadi tidak terlalu panas.

image

Didalam signature hewannya adalah 2 panda bernama jia jia dan kai kai. Dan saat kunjungan yang satu sedang tidur pulas, dan yang satunya ngumpet di dalam kandang.

image

Sisanya kita bisa lihat ikan (seperti sea world indonesia) dan juga hewan lainnya.

image

image

Untuk anak anak paling seru saat naik amazon river quest (boat dalam river safari) dan juga safari boat keliling danau.

image
image

Sekalian pengalaman untuk naik kapal buat si bontot. :) ~ khan harus berpengalaman naik transportasi darat, laut dan udara.

image

Selesai jalan sudah sore, si kecil sudah mengeluh lapar, buru buru di sogok dengan bapau panda dan langsung diputuskan cari dinner in the way balik hotel.

Kita makan di Burger King Ang Mo Kio yang super ramai dan rebutan tempat duduk (dapat priority karena si bontot sudah ketiduran, dan petugas resto kesian kihat papi harus gendong si kecil). Untuk paket Burger King sekitar 4-7 SGD tergantung menunya. :)
image

**Kalau memang pencinta hewan, bisa ambil paket combo singapore zoo – river safari – night fari dan jurong bird park ~ selamat bertemu hewan hewan lucu ya

Day 3 – Singapore science centre dan snow city (jurong east)

Day 4 – Garden by the bay – birthday party – esplanade – merlion

Day 5 – go back to Jakarta

~ untuk day 3-5 di lanjut di part 2 ya…

Leave a Reply